Rabu, 20 Maret 2013

Miscellaneous PubDekDok

Tulisan ini kan menceritakan beberapa pengalaman saya ketika menjadi panitia PUBDEKDOK (publikasi, dekorasi, dan dokumentasi) atau yang biasanya sering disingkat PDD. Saya menceritakan ini karena setelah saya lihat track record (halah bahasanya) saya di bidang kepanitiaan lebih banyak saya habiskan di bidang ini. Tidak hanya dalam hal kepanitiaan, dalam hal kepengurusan organisasi saya juga memilih divisi yang berhubungan dengan pubdekdok.

Saya pernah menjadi PDD dalam acara Seminar Nasional "GURU" (Digugu Lan Ditiru) dan beberapa kegiatan kepanitiaan lainnya. Di organisasi kampus yang saya ikuti saya juga pernah menjadi Ketua divisi INFOKOM (Informasi Komunikasi) yang fungsinya mirip dengan divisi pubdekdok dalam suatu kepanitiaan. Bekerja di bidang ini sangat menurut saya menyenangkan. Karena pada dasarnya saya menyukai disain dan fotografi. Meskipun ada beberapa hal yang tidak menyenangkan juga. Salah satu yang tidak  menyenangkan adalah ketergantungan terhadap divisi lain dalam suatu kepanitiaan. Sebagai contoh adalah pembuatan pamflet, divisi pubdekdok harus menunggu tema acara dari divisi acara, dan terkadang harus ada revisi tema sampai lima kali, dan sebanyak itulah divisi pubdekdok harus mengganti disainnya. Bekerja dibawah deadline yang sempit sudah menjadi hal yang rutin bagi divisi ini. Saya pernah tidak tidur semalam suntuk karena harus me-layout buku yang harus sudah siap dijilid besok paginya.

Banyak kenangan-kenangan yang indah selama saya menjalani kepanitiaan atau kepengurusan di bidang pubdekdok. Salah satu yang paling saya kenang adalah ketika saya dan teman-teman saya membuat film dokumenter. Kemudian masih di acara yang sama ketika kami merancang logo acara tersebut. Yang terakhir yang juga sangat berkesan bagi saya adalah ketika saya ditunjuk untuk menjadi seksi dokumentasi dalam sebuah acara nasional yang diadakan oleh fakultas saya. Rasanya sangat luar biasa ketika saya harus memotret orang-orang yang luar biasa juga. Terkadang saya juga merasa Malu (lama-lama juga mau), tapi seiring waktu rasa itu hilang.

Tugas (Sie PubDekDok)
>Mendekor tempat acara
>Membuat desain ID card, Pin + sertifikat
>Mendokumentasikan jalannya acara
>Mempublikasikan acara kepada warga
>Membuat laporan keuangan sie. 
>Menyerahkan softcopy dalam bentuk CD dokumentasi ?kegiatan dari awal hingga akhir.
>Membantu perlengkapan menyiapkan kamera/ handycam
>Membuat backdrop, banner/leftlate, brosur, slide profil acara
Ayo rek, sie pubdekdok semangat yo... !!

Berikut ini beberapa snapshot dari acara nasional yang saya ceritakan di atas.
Me and Bapak Sartono
Seminar Nasional Guru

1 komentar:

  1. hai..gw skrg jd panitia pupdekdok nih, dan gw jd koornya.. gw masih pertama di bidang ini, gw mau tanya2 nih , gimana sih cara buat RKA(rencana kerja anggaran) untuk divisi pdd ini??

    BalasHapus