Kamis, 10 Desember 2020

Tinggal di Desa, Rejeki Kota dan Bisnis Guncang Semesta

 PETANI MILINEAL JAWA TIMUR.

Moh. Makrus Sahlan, anak mudah di kabupaten Sidoarjo Jawa Timur berharap berpenghasilan 500 juta sebulan dengan bertani.

Mau atau Mampu ?

Jika mau siap-siap ikuti program PETANI MILINEAL di Desa. Februari tahun depan. Semua ilmu akan diberikan jika tidak punya dan produknya dibeli langsung oleh warga dan forum petani Desa. Tentu kegiatan ini akan membutuhkan kolaborasi lintas generasi, pengusaha, dan Pemerintah.

Syaratnya harus mau dan belajar menguasai teknologi digital baik dalam produksi maupun penjualannya. Pasca Covid19, semua harus sudah dan jauh lebih siap ketahanan pangan di lingkungan terkecil. Penguasaan teknologi 4.0 akan mendekatkan kita banyak peluang dan tidak terbatas seperti halnya ekonimi kota saat ini.

Ide dan Gagasan ini saya sampaikan selama ini dalam renungan / angan-angan / mimpi / impian, berharap ada yang mau melihat dari sini. Tetap optimis dan maju meskipun harus sendiri pada akhirnya itu lah jiwa kepahlawanan sejati yaitu Petani.

Mereka para Petani tetap setia menjaga keberlangsungan pangan namun jarang mendapatkan pengakuan dan penghargaan. Semoga orang-orang yang bekerja di ruang kebijakan dan keputusan layaknya mempunyai kemampuan dan kapasitas kemanusiaan.

Kenapa harus ada kemampuan dan kapasitas kemanusiaan?

Silahkan direnungkan bersama.

0 comments: