Rabu, 28 Mei 2014

PEMIMPIN ADALAH PENGARUH

“Pengaruh adalah salah satu kualitas yang paling penting yang wajib dimiliki seorang pemimpin. Dengan memiliki pengaruh yang kuat atas orang-orang yang dipimpin, maka pemimpin dapat mengembangkan kesadaran diri setiap orang, untuk mengabdikan diri masing-masing kepada kepemimpinan yang dia pimpin.” ~ Makrus

Pemimpin adalah kekuatan pengaruh. Seorang pemimpin yang hebat lahir dari kekuatan sikap yang mudah mempengaruhi orang lain. Pemimpin dengan kekuatan pengaruh dapat memiliki orang-orang terbaik dan berkualitas untuk membantu dirinya dalam meraih tujuan dan impian. Bila pemimpin sudah mampu mempengaruhi orang-orang untuk mempercayai dirinya, maka dia dengan mudah dapat menemukan orang-orang berkualitas yang dapat dipercaya.

Pengaruh selalu bersumber dari kompetensi, uang, modal, kualitas, sikap baik, kekuasaan, jabatan, integritas pribadi, dan dukungan kuat dari stakeholders. Seorang pemimpin dengan kekuatan pengaruh dapat dengan mudah meminta bantuan dari orang-orang yang dipimpin; meminta orang-orang yang dipimpin untuk bertanggung jawab atas pekerjaan yang dipercayakan kepada mereka; mengembangkan kerendahan hati di dalam perilaku para pengikut; mengembangkan disiplin; termasuk, untuk menemukan orang-orang yang tepat dalam membantu kepemimpinannya menuju sukses.

Pengaruh positif kepemimpinan yang kuat dan unggul, akan menciptakan kepemimpinan dengan gairah, untuk meraih semua hal yang dikerjakan dengan berkualitas dan bereputasi.

Pengaruh akan menarik orang-orang berkualitas, cerdas, dan yang dapat dipercaya. Termasuk, orang-orang yang memiliki kepemimpinan diri sendiri dalam kekuatan integritas, motivasi, kompetensi, dan kapasitas yang dapat diandalkan.

Pemimpin adalah orang yang memegang otoritas dan kekuasaan dalam kekuatan pengaruh. Semakin tinggi level kepemimpinan seseorang semakin luas pengaruhnya untuk menjalankan otoritas dan kekuasaan yang dia miliki. Dan semakin rendah level kepemimpinan seseorang semakin kecil pengaruhnya dalam batas otoritas dan kekuasaan yang dia miliki.

Pemimpin hidup dalam disiplin, ketekunan, tekad, kesabaran, kerja keras untuk mencapai kemenangan. Pemimpin selalu memiliki kemampuan memberdayakan apapun, dan memiliki kualitas diri yang unik untuk memperlancar jalan menuju sukses.

Alat utama pemimpin dalam memperkuat pengaruh adalah mengeksplorasi motivasi diri sendiri untuk memimpin. Berjuang untuk meningkatkan keterampilan dan menjadi seorang pemimpin yang efektif. Menguatkan pengaruh baik di dalam diri sendiri untuk mengendalikan sifat, sikap, dan kebiasaan.

Pengaruh pemimpin akan semakin kuat saat dirinya bekerja dengan menyiapkan kontigensi plan untuk mengendalikan semua rencana kerja, dan juga menyiapkan rencana pemulihan atas semua kesalahan. Termasuk, menggunakan kekuatan pengaruh untuk mendapatkan rujukan dan ahli yang terbaik dalam mendapatkan solusi.

Pengaruh yang kuat dan positif akan membangun jenis kekuasaan, yang disukai atau dipatuhi oleh semua orang. Dan hal ini, akan menjadikan pemimpin memiliki pengaruh positif pada rekan kerja, tim, dan organisasi.

Pengaruh yang kuat akan menjadikan jabatan tidak penting. Karena, seorang pemimpin yang berpengaruh positif akan dituruti dan diikuti oleh orang lain, bukan karena kekuasaan atau jabatan yang dia miliki, tapi karena pengaruh yang dia munculkan, untuk membuat orang-orang menjadi sangat tergantung hidupnya kepada kepemimpinannya.

Sering sekali kekuasaan dan perintah kepemimpinan tidak menghadirkan rasa hormat atau pun niat untuk membantu kepemimpinan dengan ikhlas dan tulus. Tetapi, pengaruh positif yang dipancarkan pemimpin akan menghubungkan setiap orang untuk menjadi pengikut yang setia, serta siap melakukan apa saja demi kejayaan dan keberhasilan dari kepemimpinan tersebut.

0 comments: